Editor”s note : “Bagaimana cara memulai menjadi pengusaha ?” Beberapa orang memulai dengan membuat toko online,
tetapi bagaimana mindset untuk memulainya ? Pertanyaan ini sangat
banyak ditanyakan oleh orang yang ingin memulai bisnis. Anda bisa
mendapatkan banyak jawaban dari berbagai sudut pandang. Berikut ini
adalah jawaban dari Oliver Emberton, founder dari Silktide, sebuah
software company di Inggris.
Anda tidak butuh kualifikasi tertentu,
uang atau otak sebesar planet atau bahkan sebuah ide yang bagus sekali.
Yang dilakukan entrepreneur adalah membuat “sesuatu” yang secara
konsisten menghasilkan uang.
Pikirkanlah, sebuah perusahaan sebagai mesin yang Anda desain dan bangun, berikut ini adalah McDonalds :
Mesin
Anda pasti memiliki bagian-bagian tertentu. Ia menjual sesuatu kepada
seseorang dan me-re invest sebagian penjualan untuk membantu membuat
penjualan di masa depan. Yang tersisa adalah profit untuk owner. Berikut
ini adalah contoh dari Google :


Jika Anda bisa men-desain, membangun dan memelihara mesin ini, Anda bisa menjadi kaya. Namun tentu saja tidak mudah.
Saatnya bicara tentang diri Anda
Anda anak muda, tidak kaya, sulit
mendapat kerja atau membenci pekerjaan Anda ? Mungkin sedikit sifat
“memberontak” ? Perfect, Anda tidak punya kebiasaan buruk dan mungkin
akan bekerja sampai kuku Anda patah dan mata Anda jatuh ke meja. Dunia
menunggu Anda.
Anda orang yang lebih tua, bijaksana,
sedikit uang disimpan di rekening bank Anda dengan pekerjaan stabil ?
Mungkin sedikit kredit rumah dan anak-anak ? PR Anda menjadi
entrepreneur sedikit lebih berat, tetapi tetap bisa dikerjakan.
Kualitas terpenting dari entrepreneur
yang bagus adalah energi dan determinasi. Hal lainnya adalah menjadi
seorang yang persuasif, hal ini bisa dipelajari. Saya mulai sebagai
orang super pemalu di usia 21, saya dengan cepat belajar bagaimana
menjual karena itu satu-satunya cara supaya saya bisa makan.
Cukup kalimat pembukannya, sekarang mari buat Anda lebih kaya dari sebelumnya
“The idea”
Lupakan hal-hal nonsense yang Anda dengar tentang value dari sebuah ide.
Ide itu murah.
Ide bisnis itu bernilai lebih kecil daripada sandwich yang sudah dimakan separuh. Setidaknya Anda bisa makan sandwich.
Tentu saja Anda butuh ide. Tetapi
ketahuilah bahwa perusahaan yang sukses mendapatkan pendanaan bukan
hanya dari ide brilian yang liar. Starbucks memulai dengan menjual kopi
di Seattle. Facebook membangun MySpace yang lebih baik, Google membangun
Yahoo search yang lebih baik. Microsoft meng-copy Apple – sedangkan
Apple meng-copy Xerox.
Original ideas are overrated
Yang tidak overrated adalah timing.
Google memilih waktu yang tepat untuk membangun search engine, kalau
Anda mau membuatnya sekarang ya good luck deh.
Kebanyakan orang takut memulai bisnis ketika ada kompetisi, tetapi kompetisi bisa saja merupakan hal baik.
Tempat terbaik membuat restoran baru
adalah tepat di sebelah restoran lain yang sudah sukses. Mereka sudah
dengan baik hati dan kerja keras membangun audience. Banyak bisnis bagus
mendompleng kesuksesan bisnis lainnya, lebih baik memiliki beberapa
kompetitor daripada tidak sama sekali, handa hanya perlu menjadi 10%
lebih baik.
Saya secara personal merekomendasikan
menjual sesuatu yang Anda dan teman Anda akan membeli dalam hitungan
detik. Anda akan mengerti bidang yang Anda sendiri kuasai, Anda akan
mengerti customer Anda, Anda akan sangat passionate terhadap apa yang
Anda lakukan.
Jika Anda bisa membuat bahwa perusahaan
Anda adalah tentang “why” bukan “what” nya, Anda akan menginspirasi diri
Anda sendiri dan orang-orang di sekitar Anda. Untuk bisa survive ke
langkah berikutnya, Anda membutuhkan butiran-butiran inspirasi.
Memulai
Memulai perusahaan sedikit banyak mirip
dengan membesarkan anak, semua orang mengasumsikan Anda tahu apa yang
Anda lakukan, tetapi si bayi dan perusahaan kan terlahir tanpa buku
manual instruksi, Anda melaluinya dengan jatuh bangun dan belajar sambil
berjalan.
Pada awalnya kemungkinan besar Anda akan
gagal. Tujuan Anda adalah membangun mesin uang, tapi mungkin Anda tidak
memiliki keseluruhan bagian dari yang dibutuhkan. Ide Anda mungkin saja
separuh salah, tetapi Anda tidak tahu bagian mana yang salah, hal ini
normal sekali.

Bagian besar dari memulai perusahaan
adalah meyakinkan orang untuk mempercayai Anda. Ketika Steve Jobs
mendirikan Apple, ia tidak punya uang dan tidak punya customer, yang
terjadi kemudian ia menjadi seorang entrepreneur hebat.
Yang pertama ia lakukan adalah
meyakinkan toko komputer lokal untuk meng-order produk Apple yang bahkan
belum dibuat, berikutnya dia meyakinkan supplier komponen yang
dibutuhkan untuk membuatnya dengan order yang dia dapat untuk meyakinkan
supplier bahwa ia bisa membelinya. Lalu Jobs dan tim kecilnya bekerja
di garasi untuk membangun komputer pertama, diantarkan ke toko tepat
waktu dan membuat profit lumayan. Apple dilahirkan dengan modal minim
sekali.

Seringkali ketika menjalankan semua ini entrepreneur harus juggling antara
membangun the perfect company (idealist) dan membayar tagihan (realist)
– ketiadaan ke-duanya bisa-bisa membunuh bisnis Anda. Banyak yang
mempercayai bahwa realist / idealist partnerships adalah hal umum dalam
bisnis
Jangan Scaling dengan cepat
Jangan melakukan scaling dengan
prematur. Jangan menjadi perusahaan besar terlalu cepat. Jadilah lambat
dalam membakar / spending uang . Jangan membuang waktu menulis mission
statement dan dokumen-dokumen kebijakan. Kamu masih kecil, jadilah gesit
dan selalu dalam sebuah misi. Buat dan juallah barang. Akan ada waktu
untuk departemen HR nantinya.
Jangan kaget kalau Anda akan mengubah
seluruh perusahaan Anda. Sangat langka suatu bisnis bisa survive dari
fist contact dengan customer.
Harus survive untuk jangka waktu panjang, reinvest pada kesuksesan-kesuksesan kecil Anda dan lipat gandakan.
Meng-copy diri Anda
Ini adalah langkah yang hampir tidak pernah dipenuhi oleh bisnis kecil.
Sampai posisi ini, mesin uang Anda hampir selalu memiliki bagian yang tidak bisa dipisahkan : Anda sebagai founder.
Jika Anda memiliki background akuntan, Anda mungkin head akuntan. Jika Anda programmer, Anda mungkin programmer terbaik di situ.
Apapun yang Anda lakukan, Anda selalu merasa menjadi bagian essensial dan selalu “overworked” atau bekerja berlebihan.

Ini bagian beratnya : Anda harus membuat diri Anda menjadi “tidak berguna” atau redundant dalam tim Anda.
Jika Anda tiba-tiba mati besok, bisnis Anda harus tetap berjalan seperti biasa.
Alternatifnya, Anda menjadi self-employed dengan asisten.
Beberapa bisnis tidak bisa melepaskan
jebakan ini, jika Anda copywriter brilian, Anda akan struggle. Karena
yang membuat perusahaan ini hebat adalah Anda. Dalam kasus ini, kecuali
Anda bisa menanamkan diri Anda di dalam business model, Anda tidak akan
berkembang.
McDonalds membangun bisnis yang tetap
berjalan meskipun mereka membayar gaji minimum. Proses yang mereka
jalankan memungkinkan mereka melakukannya : setipa burger efisien dan
nyaris tidak ada bedanya. Brand mereka begitu kuat sehingga orang
berjejer untuk makan di situ.
Bisnis Anda mungkin sangat berbeda dengan McDonalds tetapi sebisa mungkin harus sama kuatnya.
Jika Anda bisa mencapai situasi ini,
Anda bisa memiliki sesuatu yang self-sustaining. Anda harus bisa
menghasilkan pendapatan yang baik meskipun Anda tidak bekerja. Waktu
Anda sekarang bebas untuk men-tweak bisnis Anda menjadi sesuatu yang
lebih baik. Sekarang yang perlu Anda lakukan untuk bisa menjajah dunia
adalah :
Scale
Langkah terakhir adalah seperti bermain
“Who Wants to Be A Millionaire”. Setiap pertanyaan yang Anda jawab benar
akan memberikan Anda uang, jika salah, Anda pulang ke rumah.

Jangan membuat kesalahan dengan mengasumsikan sebuah perusahaan besar itu seperti perusahaan kecil – hanya saja lebih besar –
Sejalan dengan perkembangan perusahaan,
culture Anda juga akan berubah. Bahkan Anda bisa membenci perusahaan
yang Anda buat sendiri (banyak founders merasakan konflik seperti ini).
Anda
Ingatlah tidak ada bisnis yang bisa
berkembang tanpa batas. Beberapa bisnis lebih efisien dengan size
tertentu – mudah untuk menjadi perusahaan perbaikan pipa ledeng dengan
hanya 2 orang, tetapi hampir tidak mungkin membangun perusahaan
perbaikan pipa dengan 1000 orang. Pahami limit Anda dari awal.
Perusahaan software internet adalah perusahaan yang bisa scale dengan
baik, karena itu banyak mencetak milioner muda.
Akhirnya ..
Saat ini tidak sulit memulai sebuah
perusahaan. Anda bisa membuat killer product di kamar kos tanpa harus
mendaftarkan perusahaan. Ini cukup untuk Facebook.
Entrepreneurship adalah bentuk dari
“perjudian yang tercerahkan”. Skill dan keuletan adalah faktor penentu
yang besar. Sepanjang Anda pantang menyerah apabila terjatuh, dan terus
belajar, peluang Anda sukses tetap ada, Anda hanya harus berani
melakukannya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
makasih atas komentarnya kawan